Memuat...

Pengetahuan Produk




Product Know Leadge

A. Arti Pengetahuan

Tahukah Anda berapa jenis sampo yang beredar di pasar?, berapa jumlah merek sampo yang diproduksi PT. Unilever?. Tahukah Anda di mana membeli sayuran organic (sayuran yang dibudidayakan tanpa pupuk dan pestisida pabrik). Tahukah Anda di mana bisa membeli furniture yang bermotif batik?. Tahukah Anda bagaimana cara memasak kue dengan menggunakan tepung instant?. Jika Anda bias menjawab semua pertanyaan tersebut, maka Anda memiliki pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, dan pengetahuan pemakaian yang sangat baik. Pengetahuan pemakaian yang sangat baik. Apa yang Anda ketahui mengenai produk, di mana membelinya, dan bagaimana mengunakannya adalah pengetahuan konsumen.

Mengapa memehami pengetahuan konsumen penting bagi pemasar? Karena apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, di mana membeli, dan kapan membeli, akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut. Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian. Ketika konsumen memiliki pengetahuan lebih banyak, maka ia akan lebih baik dalam mengambil keputusan, ia akan lebih efisien dan lebih tepat dalam mengolah informasi dan mampu merecall informasi dengan lebih baik. Konsumen mungkin akan segera berganti toko tempat ia berbelanja setelah mengetahui ada toko lain yang lebih nyaman dan harga yang kompetitif.

Apa yang dimaksud dengan pengrtahuan konsumen? Mowen dan Minor (1998) mendefinisikan sebagai “the amount of experience with and information about particular products or services a person has”. Berdasarkan kepada definisi tersebut dapat diartikan bahwa pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

B. Tingkat Pengetahuan Produk

Pengetahuan produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk, Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek, terminology produk, atribut atau fitur produk, harga produk dan kepercayaan mengenai produk. Bila Pemasar/penjual dapat memehami tentang pengetahuan produk yang baik dan benar maka ia akan mudah melakukan konfirmasi kepada konsumen/pelanggan untuk memastikan pembelian produk. Pengetahuan produk juga meliputi berbagai informasi yang diproses oleh konsumen untuk memproleh suatu produk. Pengetahuan produk juga terdiri dari atas pengetahuan tentang di mana membeli produk, dan kapan membeli produk. Ketika konsumen memutuskan akan membeli suatu produk, maka ia akan menentukan di mana ia membeli produk tersebut dan kapan membelinya. Keputusan konsumen mengenai tempat pembelian produk akan sangat ditentukan oleh pengetahunnya. Implikasi penting bagi strategi pemasaran adalah memberikan konfirmasi kepada konsumen di mana konsumen bias membeli produk tersebu.

Peter dan Olson (1999) menyebutkan bahwa konsumen memiliki tingkat pengetahuan produk yang berbeda. Pengetahuan ini meliputi kelas produk (product class), bentuk (product form), merek (brand), model/fitur (model/fetures).

Kelas produk adalah tingkat pengetahuan produk yang paling luas, yang meliputi beberapa bentuk, merek atau model. Supermarket menempatkan produk di rak-raknya berdasarkan kepada kelas produk. Departemen store membagi kelas produk yang akan dijualnya berdasarkan produk makanan/minuman, produk pakaian, produk stationary (alat tulis), produk peralatan dapur, furniture dan lain sebagainya. Hal ini merupakan suatu cara untuk melakukan konfirmasi kepada pelanggan agar mau melakukan transaksi pembelian. Setiap tenaga penjual harus memahami tingkat pengetahuan produk, sehingga bila terjadi konfirmasi langsung terhadap pelanggan untuk penjualan suatu produk, maka tenaga penjual mampu menerangkan tentang kelas produk, bentuk produk, merek, model/fitur.C. Jenis Pengetahuan Produk

Peter dan Olson (1999) membagi tiga jenis pengetahuan produk, yaitu : Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk, Pengetahuan tentang manfaat produk, Pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk bagi konsumen atau pelanggan.
1. Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk

Seorang konsumen/pelanggan akan melihat suatu produk berdasarkan kepada karakteristik atau cirri atau atribut produk tersebut. Bagi seorang konsumen/pelanggan bila membeli suatu mobil, maka mobil yang dipilih harus memiliki atribut warna, model, tahun pembuatan, jumlah cc, merek, manual atau otomatis, dan sebagainya. Televisi memiliki atribut ukuran (14, 20, 20 atau 32 inchi), jenis layer (datar atau biasa), stereo, merek, dan lain-lain. Seseorang konsumen/pelanggan mungkin memiliki kemampuanyang berbeda dengan seseorang konsumen/pelanggan lain dalam menyebutkan karakteristik atau atribut dari produk-produk tersebut. Hal ini disebabkan konsumen/pelanggan memiliki pengetahuan yang berbeda-beda mengenai produk, dan disinilah peran penjual mampu mengkonfirmasikan kepada konsumen/pelanggan tentang pengetahuan tentang produk yang akan dibeli. Atau para penjual/pemasar perlu memahami apa yang harus diketahui oleh konsumen/pelanggan, atribut apa saja yang dikenal dari suatu produk, atribut mana yang dianggap paling penting oleh konsumen. Pengetahuan mengenai atribut tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen/pelanggan. Pengetahuan yang lebih banyak mengenai produk akan memudahkan konsumen untuk memilih produk yang akan dibelinya.

Strategi Pemasaran terutama dalam konfirmasi terhadap konsumen/pelanggan sering diarahkan untuk menyampaikan informsi mengenai atribut-atribut baru yang dimiliki oleh suatu produk, dengan harapan bahwa atribut tersebut memberikan nilai tambah produk tersebut di mata konsumen/pelanggan untuk mau lebih cepat membeli produk. Contoh : Mungkin Anda masih ingat iklan produk Vegeta di TV, tema utama iklan tersebut adalah penonjolan atribut adalah kandungan serat pada Vegeta.
2. Pengetahuan tentang manfaat produk

Jenis pengetahuan produk yang kedua adalah tentang manfaat produk. Konsumen/pelanggan mengkonsumi sayuran dan buah-buahan karena mengetahui manfaat produk tersebut bagi kesehatan tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen/pelanggan setelah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah memperlancar buang air besar. Inilah yang disebut sebagai pengetahuan tentang manfaat produk. Konsumen seringkali berpikir mengenai manfaat yang ia rasakan jika mengkonsumsi atau membeli suatu produk, bukan mengenai atributnya. Berikut adalah manfaat dari sebuah produk yang dituangkan dalam suatu brosur produk merek PACEKAP (sari buah mengkudu dalam kapsul) “ Mengkudu/pace buah istimewa dengan banyak khasiat”, mengkudu/pace banyak diketahui orang sebagai buah yang memiliki kemampuan yang membantu pengobatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dari brosur tersebut berusaha menginformasikan mengenai manfaat mengkudu dalam mengobati penyakit. Brosur tersebut bahkan tidak menyebutkan atribut atau kandungan zat apa saja yang ada dalam buah mengkudu. Bagi konsumen/ pelanggan atribut tersebut mungkin tidak terlalu penting, dan kalaupun dia tahu, juga tidak memehami makana. Yang lebih penting adalah manfaat yang ia rasakan setelah ia mengkonsumsi mengkudu tersebut. Jadi pengetahuan tentang manfaat produk adalah penting bagi konsumen karena pengetahuan ini akan mempengahuri keputusan pembelinya. Mengkudu mungkin tidak ada artinya bagi konsumen kalau mengkudu tersebut tidak bias memberikan manfaat penyembuhan, karena konsumen/pelanggan mungkin lebih nyaman mengkonsumsi buah lain yang lebih lezat kalau tujuannya hanya untuk mencari manfaat memperlancar buang air besar. Karena itu Pemasar/Penjual perlu menyampaiakan informasi atau konfirmasi kepada konsumen/pelanggan mengenai apa menfaat produk bagi

Ada 2 (dua) jenis manfaat yang dirasakan konsumen/pelanggan setelah mengkonsumsi produk :

1). Manfaat Fungsional

Adalah manfaat yang dirasakan konsumen secara fisiologis. Misalnya : minum teh Sosro akan menghilangkan rasa haus, menggunakan printer laser mempercepat pencetakan dokumen, menggunakan telepon seluler memudahkan konsumen berkomunikasi di mana saja dengan siapa saja. Inilah beberapa contoh manfaat fungsional yang dirasakan oleh konsumen/pelanggan

2). Manfaat Psikososial

Adalah aspek psikologis (perasaan, emosi, dan mood) dan aspek social (persepsi konsumen/pelanggan terhadap bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya) yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk. Seseorang konsumen selalu menggunakan parfum karena membuat lebih percaya diri. Seseorang akan memilih sedan BMW seri 7 sebagai kendaraan sehari-harinya, karena orang-orang sekelilingnya akan menilai bahwa BMW adalah symbol kesuksesan karier seseorang. Ia selalu menggunakan kemeja ARROW karena merasa lebih nyaman dan cocok. Inilah beberapa contoh dari manfaat psikososial yang dirasakan oleh seorang konsumen

3. Pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk bagi konsumen atau pelanggan.

Untuk mengetahui suatu kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen adalah jika suatu produk akan memberikan kepuasan kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. Agar produk tersebut bisa memberikan kepuasan yang maksimal dan kepuasan yang tinggi kepada konsumen, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.
Kesalahan yang dilakukan oleh konsumen dalam menggunakan suatu produk akan menyebabkan produk tidak berfungsi dengan baik. Ini akan menyebabkan konsumen kecewa, padahal kesalahan terletak pada diri konsumen. Produsen/pemasar tidak menginginkan konsumen menghadapi hal tersebut karena itu produsen/pemasar sangat berkepentingan untuk memberitahu konsumen bagaimana cara menggunakan produknya dengan benar.

Sebagai contoh : Produsen alat-alat elektronik seperti radio, VCD player, televise selalu menyertakan buku petunjuk penggunaan alat kepada setiap produk yang dijualnya. Tujuannya adalah agar konsumen bias menggunakan produk tersebut dengan benar, sehingga bias memberikan kepuasan yang oktimal kepada konsumen. Kekeliruan dalam menjalankan semua petujnjuk penggunaan alat bukan saja akan mengecewakan konsumen juga akan mempercepat kerusakan alat tersebut.

Oleh Chalid Surya


Responses

0 Respones to "Pengetahuan Produk"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Daftar Sekolah Se Kabupaten Cianjur


Pemda Cianjur


Direktorat Pembina SMK


Seamolec


SMK Nuris (Nurul Islam)


SMK PGRI 1 Pariwisata


SMK PHT (Perhotelan)


SMK N 1 Cianjur


SMK N 1 Cilaku


SMK N 2 Cilaku


SMK N 1 Pacet


SMK N 1 Cipanas


Maaf Belum Di Posting


Maaf Belum Di Posting


Maaf Belum Di Posting


Maaf Belum Di Posting


Maaf Belum Di Posting


Tukeran link yuu.. Copy Paste Kode Dibawah ini di Blog anda..nanti saya akan link balik
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors